BREAKING NEWS

Comments

Friday, September 2, 2016

RUANG LINGKUP BIOLOGI

pada postingan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang RUANG LINGKUP BIOLOGI

Biologi mempelajari segala kehidupan, baik yang kasat mata maupun yang tidak kasat mata. Biologi juga membantu menjaga kehidupan umat manusia. Bayi tabung merupakan salah satu rekayasa yang tidak bisa lepas dari biologi dan kedokteran.
A. Pendahuluan
Tahukah kalian, perkembangan cabang ilmu biologi apakah
yang paling hangat dibicarakan pada abad ke-20 ini? Perkembangan
ilmu pengetahuan dari tahun-ketahun makin maju, hal itu disebabkan
sifat manusia yang selalu ingin tahu dan tidak pernah merasa puas
dengan apa yang telah diketahuinya. Perkembangan ilmu
pengetahuan, di berbagai bidang makin pesat setelah ditemukan
berbagai alat dan teknik untuk mengungkap rahasia alam, sehingga
dunia hanya sebesar layar monitor komputer.
Di bidang teknologi informasi telah banyak dihasilkan produkproduk
teknologi dan ilmu pengetahuan, misalnya: audio visual
(televisi), VCD, DVD, telepon, telepon seluler (handphone),
komputer, internet dan sebagainya. Dengan hasil teknologi tersebut
kita dapat berkomunikasi meskipun dalam jarak jauh antarnegara.
Di bidang kedokteran telah banyak hasil ilmu pengetahuan
dan teknologi yang telah ditemukan, misalnya alat kedokteran berupa
USG (ultra sono grafi), ECG (electro cardio graf), teknologi
transplantasi organ-organ tubuh, fertilisasi in vitro (bayi tabung),
terapi genetik, dan penemuan berbagai obat-obatan untuk
penyembuhan berbagai penyakit, dan lain-lain. Di bidang lain
misalnya teknik kultur jaringan dan kultur embrio. Semua itu adalah
hasil perkembangan ilmu dan teknologi (sains), yaitu dengan
mempelajari dan memahami gejala-gejala alam secara objektif (apa
adanya).
Sains mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1. Objek yang dikaji berupa benda-benda kongkret yang terdapat
di alam ini, benda-benda tersebut dapat dideteksi dengan panca
indra kita, misal dapat dilihat, didengar, dirasakan. Jadi, dapat
berupa benda padat, cair, dan gas.
2. Dikembangkan dengan pengalaman empiris (pengalaman
nyata), dalam arti pengalaman yang dapat dirasakan oleh setiap
orang.
3. Melalui langkah yang sistematis, maksudnya siapa pun yang
membuktikan jika melalui cara-cara, situasi, dan kondisi sama
akan dihasilkan produk yang sama pula.
4. Cara berpikir dengan menggunakan logika, misalnya berpikir
secara induktif, artinya berpikir dengan menarik kesimpulan
dari hal-hal yang khusus menjadi ketentuan umum. Contohnya
manusia pasti mati, hewan pasti mati, tumbuhan pun juga mati,
dapat ditarik kesimpulan bahwa semua makhluk hidup pasti
akan mati. Selain berpikir secara induktif, juga berfikir secara
deduktif, artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-
hal umum menjadi ketentuan yang berlaku khusus. Misalnya
semua makhluk hidup memerlukan makan untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya, ayam adalah makhluk hidup.
Kesimpulannya ayam memerlukan makan untuk memenuhi
hidupnya.
5. Hasilnya objektif, hanya memihak pada kebenaran ilmiah.
Berupa hukum-hukum yang berlaku untuk umum.
Biologi merupakan bagian dari sains yang memiliki karakteristik
sama dengan sains.
Ruang lingkup yang dipelajari dalam
biologi meluliputi seluruh kehidupan yang
ada di jagad raya ini, mulai dari tingkatan
makhluk hidup yang paling sederhana
(sangat kecil) hingga tingkatan organisasi
yang paling kompleks (terbesar).
Sebagai ilmu yang memiliki
karakteristik tersendiri, agar mudah
dipelajari, biologi harus ditinjau dari
seluruh aspek secara utuh, baik yang
menyangkut objek, persoalan, maupun
tingkat organisasi kehidupan.
Struktur keilmuan biologi didasarkan pada
hasil yang dirumuskan oleh tim BSCS
(Biological Science Curiculum Study)
(Mayer, 1978) sebagaimana dapat dibuat
diagram seperti di samping.
Berdasar struktur keilmuan menurut BSCS, biologi memiliki
objek berupa kerajaan (kingdom): a) Plantae (tumbuhan), b)
Animalium (hewan), c) Protista. Ketiga objek tersebut dikaji dari
tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem,
sampai tingkat bioma. Adapun persolaan yang dikaji meliputi
sembilan tema dasar, yaitu :a) Biologi (sains) sebagai proses inkuiri/
penemuan, b) sejarah konsep biologi, c) evolusi, d) keanekaragaman
dan keseragaman, e) genetik dan keberlangsungan hidup, f)
organisme dan lingkungan, g) perilaku, h) struktur dan fungsi, serta
i) regulasi.
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, objek
biologi juga terus berkembang. Klasifikasi makhluk hidup yang
semula dibagi menjadi tiga kerajaan, menurut Robert H. Whittaker
1969 meningkat menjadi lima kerajaan, meliputi kingdom/regnum:
a) Plantae, b) Animalia, c) Protista, d) Monera, dan e) Jamur/
Fungi. Bahkan menurut perkembangan terakhir Carl Woese (1987)
makhluk hidup diklasifikasikan menjadi enam kingdom/regnum,
yaitu: a) Plantae, b) Animalia, c) Protista, d) Fungi, e) Archaebacteria
f) Eubacteria.
Suatu benda dapat dikatakan sebagai benda hidup/makhluk
hidup jika benda tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
– Memerlukan makanan (nutrisi) sebagai sumber energi dalam
melakukan aktivitas.
– Melakukan proses pengangkutan transportasi dalam rangka
mengedarkan zat-zat ke seluruh tubuh.
– Melakukan pernapasan respirasi untuk merombak zat-zat
organik menjadi energi.
– Mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak
dipergunakan lagi (ekskresi).
– Melakukan proses penyusunan zat-zat baru di dalam tubuh,
umumnya berupa senyawa kimia yang kompleks seperti lemak,
karbohidrat, lemak, dan lain-lain.
– Mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
– Mempunyai sistem yang mengatur keserasian proses-proses
di dalam tubuhnya (regulasi).
– Melakukan perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya
(reproduksi).
– Dapat beradaptasi atau menyesuaikan terhadap lingkungan-
nya, misalnya menyesuaikan terhadap suhu, kelembapan,
cahaya matahari, makanan, dan lain-lain.
B. Struktur Organisasi Kehidupan
Struktur organisasi kehidupan dapat disusun sebagai berikut:
organisasi tingkat molekul  sel  jaringan  organ  sistem
organ  individu  populasi  komunitas  ekosistem  biosfir.
1. Organisasi tingkat molekul
Organisasi tingkat molekul adalah organisasi kehidupan
pada tingkat paling rendah karena materi penyusunnya hanya
terdiri atas asam nukleat, yaitu Asam Deoksi Ribonukleat
(ADN) atau Asam Ribonukleat (ARN) dan protein, contohnya
virus (perhatikan Gambar 1.2). Virus berukuran (2 – 20)
milimikron, hanya dapat hidup di dalam sel yang hidup, dan
dapat berkembang biak. Virus merupakan bentuk peralihan
antara benda hidup dan benda mati karena dapat berbentuk
kristal.
2. Organisasi tingkat sel
Tiap makhluk hidup terdiri dari sel. Teori ini disebut teori
sel, dikembangkan oleh Schleiden (1804 – 1881) dan Schwann
(1810 – 1892). Keduanya berkebangsaan Jerman.
Amoeba dan Paramaecium yang
hanya terdiri atas sebuah sel tergolong
organisme bersel tunggal atau uniseluler,
sedangkan organisme
yang
tersusun
dari banyak sel disebut organisme
bersel banyak atau multiseluler.
Pada umumnya mikroorganisme
yang tergolong dalam kingdom monera
dan protista hanya terdiri dari inti sel.
Sejarah penelitian tentang sel periode pertama berjalan
200 tahun. Diawali oleh Robert Hooke (1635 – 1703) yang
mengamati sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop.
Kemudian Schleiden (1804 – 1881) dan Schwann
(1810 – 1882) yang mengadakan pengamatan berulang-ulang
terhadap sel-sel hewan dan tumbuhan dengan mikroskop.
Pada tahun 1831 Robert Brown seorang ahli biologi dari
Scotlandia, melaporkan pengamatannya tentang adanya benda
kecil yang terapung dalam cairan sel yang disebut sebagai inti
sel atau nukleus. Penyelidikan sel selanjutnya terfokus pada
cairan sel yang disebut protoplasma oleh Felix Dujardin (1835),
Johannes Purkinje (1787 – 1869) dan Max Schultze
(1825 – 1874). Teori sel yang semula hanya menyatakan
bahwa sel merupakan kesatuan struktural dari kehidupan,
ditambah dengan pernyataan bahwa sel juga merupakan
kesatuan fungsional dari kehidupan.
Rudolf Virchow pada tahun 1858 menyatakan bahwa
semua sel berasal dari sel-sel juga (omnis cellula cellula),
maka dengan kata lain, sel juga merupakan kesatuan
pertumbuhan makhluk hidup.
Periode kedua sejarah penelitian sel adalah eksperimeneksperimen,
salah satu hasilnya adalah diketahui adanya faktor
menawan
yang terdapat di dalam nukleus, yaitu kromosom.
Berdasarkan
pengetahuan itu, maka dapat dikatakan bahwa
sel
merupakan kesatuan hereditas.
Penemuan yang paling modern saat ini adalah adanya
mikroskop elektron yang dapat memberikan gambar dengan
skala 1.000.000  ukuran benda yang sesungguhnya. Berikut
ini adalah bentuk dan susunan sel.
3. Organisasi tingkat jaringan
Sel merupakan kesatuan bentuk kehidupan (teori sel).
Di dalam tubuh organisme multiseluler terdapat banyak sel
yang berbeda bentuk dan fungsinya. Bentuk dan susunan sel
tergantung pada letak dan fungsinya di dalam tubuh. Sel-sel
yang sama bentuk dan fungsinya membentuk kelompok yang
disebut jaringan. Untuk dapat membentuk suatu jaringan, sel
mengalami perubahan bentuk dan fungsinya. Sel-sel yang
mengalami perubahan biasanya pada jaringan embrionel, misalnya
jaringan meristem pada titik tumbuh suatu tumbuhan membentuk
jaringan epidermis, jaringan pembuluh, dan lain-lain.
Pada hewan juga terjadi perubahan yang demikian, zigot
mengalami pembelahan sel membentuk blastula. Pada
perkembangan selanjutnya sel-sel penyusun blastula berubah
bentuk dan fungsinya menjadi berbagai jaringan tubuh, seperti
jaringan kulit, jaringan otot, dan lain-lain.
4. Organisasi tingkat organ
Jaringan sebagai suatu organisasi sel belum dapat
berfungsi dalam tubuh organisme jika tidak bekerja sama
dengan jaringan yang lain, jantung misalnya harus dilengkapi
dengan jaringan otot, jaringan saraf, jaringan darah, jaringan
ikat, dan jaringan epitel. Jaringan-jaringan tersebut bekerja
sama agar jantung dapat bekerja dengan baik. Jantung adalah
organ atau alat tubuh. Organ tubuh yang lain misalnya ginjal,
liver, dan paru-paru. Organ-organ ini pun mempunyai organisa-
si tertentu untuk membentuk sistem tertentu pula.
selaput sel
granula
badan golgi
vakuola
Misalnya sistem pernapasan terdiri atas beberapa organ
antara lain hidung, rongga hidung, tenggorokan, cabang batang
tenggorokan dan paru-paru. Organisasi semacam ini disebut
sistem organ.
5. Organisasi tingkat individu
Dalam tubuh kita terdapat berbagai macam sistem or-
gan. Seluruh sistem itu saling berinteraksi melaksanakan suatu
fungsi dalam tubuh makhluk hidup. Makhluk hidup yang terdiri
atas berbagai sistem organ disebut satu individu. Setiap manusia
termasuk individu. Demikian pula tiap-tiap ekor semut dalam
sekelompok semut atau tiap-tiap ekor domba dalam
kawanannya dan tiap pohon teh dalam sebuah perkebunan.
6. Organisasi tingkat populasi
Kita dikelilingi berbagai jenis makhluk hidup yang
bermacam-macam, misalnya ayam, mangga, pepaya, kambing,
dan lain-lain. Populasi merupakan tingkatan organisasi yang
terdiri atas sekelompok individu sejenis yang menempati ruang
dan waktu yang sama. Apabila berbicara mengenai populasi,
kita harus menyebutkan jenis individu yang dibicarakan dalam
batas waktu dan tempat tertentu. Misalnya populasi pohon
bakau di hutan mangrove pada tahun 1990. Kita tidak dapat
mengatakan bahwa pohon bakau yang hidup di hutan mangrove
dan di pesisir pantai selatan adalah satu populasi, karena
tempatnya
berbeda.
7. Organisasi tingkat ekosistem
Makhluk hidup hanya dapat hidup di tempat-tempat
dengan syarat-syarat tertentu untuk hidupnya, misalnya bakaubakau
tumbuh di pantai, lumut hidup di tempat-tempat lembap,
dan
pohon kurma hidup di tempat-tempat kering. Namun, ada
juga
makhluk hidup yang tidak terikat pada syarat-syarat
tertentu
dapat hidup di berbagai tempat yang keadaannya
berlainan.
Berbagai jenis makhluk hidup yang memerlukan syarat
lingkungan sama dan dalam beberapa hal saling membutuhkan,
biasanya akan hidup bersamaan. Misalnya di persawahan
terdapat padi, katak, ulat, dan tikus. Kelompok organisme yang
hidup bersama-sama disebut komunitas.
Setiap organisme hidup dalam lingkungannya masingmasing,
lingkungan biotik dan lingkungan abiotiknya.
Lingkungan
biotik, yaitu semua organisme yang terdapat di
sekelilingnya.
Adapun lingkungan abiotik, yaitu faktor-faktor
seperti
iklim (suhu, kelembapan, cahaya) dan tempat hidupnya
(tanah,
air,
udara). Untuk mendapatkan energi
dan materi yang
diperlukan untuk hidupnya, semua komunitas bergantung
kepada lingkungan abiotik. Organisme produsen memerlukan
energi, cahaya, oksigen, karbon dioksida, air, dan garam-garam
dari lingkungan abiotik. Setelah materi dan energi diuraikan
produsen, hasilnya dapat diteruskan kepada konsumen tingkat
pertama. Kemudian ke konsumen tingkat kedua dan
seterusnya. Materi dan energi yang berasal dari lingkungan
abiotik akan kembali lagi ke lingkungan abiotik lagi. Dengan
demikian komunitas dan lingkungan abiotiknya merupakan
suatu sistem. Setiap sistem demikian dinamakan ekosistem.
8. Organisasi tingkat bioma
Semua komunitas biotik berhubungan dengan komunitas
biotik lain di sekelilingnya. Demikian pula ekosistem
berhubungan dengan ekosistem lain di sekelilingnya. Ekosistem
hutan berhubungan dengan ekosistem sungai. Ekosistem
sungai berhubungan dengan laut. Dengan demikian, semua
ekosistem di bumi ini saling berhubungan, sehingga bumi
merupakan suatu ekosistem besar disebut juga biosfer.
C. Bekerja Ilmiah
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki
kemampuan  berfikir paling cerdas dibandingkan dengan makhluk
hidup lainnya. Dengan kecerdasan tersebut manusia selalu berkeinginan
untuk tahu dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang
telah
diketahuinya. Dengan demikian manusia akan selalu mengembangkan
rasa keinginantahuan tersebut melalui pengetahuannya.
Sifat keingintahuan manusia dapat berkembang melalui
tahapan sistematis yang telah ditentukan, yaitu melalui  metode
ilmiah. Metode ilmiah mengarah pada pola berfikir logis, analitis
(menggunakan analisis), dan empiris (sesuai dengan kenyataan).
Adanya sifat empiris inilah yang menyebabkan kebenaran itu
bersifat objektif, artinya  kebenaran melekat pada objek, siapa pun
yang memandang objek itu pasti sama.
Langkah yang ditempuh oleh para ahli biologi dalam memecahkan
suatu masalah adalah langkah yang sesuai dengan metode
ilmiah.
Secara garis besar langkah tersebut terdiri atas: Perumusan
masalah,
penyusunan

kerangka berfikir/landasan teori,
perumusan hipotesis, pengujian hipotesis, dan pengambilan
kesimpulan.
1. Perumusan masalah
Perumusan masalah dimulai dari ketertarikan manusia
terhadap hal-hal tertentu yang menarik dan menjadi perhatiannya.
Perumusan masalah merupakan langkah untuk mengetahui
masalah yang akan dipecahkan, sehingga masalah tersebut
menjadi jelas batasan, kedudukan, dan alternatif cara untuk
pemecahannya.
2. Penyusunan kerangka berpikir
Dalam menyusun kerangka berpikir diperlukan kemauan
untuk  mempelajari laporan hasil penelitian orang lain, membaca
referensi-referensi, observasi langsung pada lingkungan atau
hasil wawancara dengan para ahli. Kerangka berfikir ini merupakan
alasan yang menjelaskan keterkaitan antara berbagai
faktor
dengan objek dan jawaban terhadap suatu permasalahan.
Kerangka berfikir disusun secara rasional berdasarkan
penemuan-penemuan
yang telah teruji kebenarannya.
3. Hipotesis
Hipotesis berfungsi sebagai jawaban sementara terhadap
permasalahan yang timbul berdasarkan kesimpulan kerangka
berpikir.
4. Pengujian hipotesis
Pengujian hipotesis dilakukan dengan eksperimen/
percobaan. Data yang diperoleh dari melakukan percobaan
kemudian dianalisis untuk membuktikan apakah terdapat faktafakta
yang mendukung hipotesis.
5. Penarikan kesimpulan
Penarikan kesimpulan merupakan evaluasi terhadap
sebuah hipotesis yang telah dirumuskan, apakah hipotesis
tersebut diterima atau ditolak
D. Penelitian Ilmiah
Rancangan penelitian adalah pokok-pokok perencanaan
seluruh penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah
secara ringkas, jelas, dan utuh. Rancangan penelitian dibuat dengan
tujuan agar pelaksanaan penelitian dapat berjalan secara benar,
baik, dan lancar. Rancangan penelitian memuat judul penelitian,
latar belakang masalah penelitian, rumusan masalah
penelitian, tujuan dan fungsi penelitian, tinjauan
kepustakaan, hipotesis (kalau diperlukan), batasan konsep,
metodologi penelitian dan daftar kepustakaan.
Syarat-syarat rancangan penelitian seperti berikut ini.
1. Sistematis, artinya unsur-unsur yang ada dalam rancangan
penelitian harus tersusun dalam urutan yang logis. Setiap
rancangan harus menentukan judul penelitian, menjelaskan
latar belakang, dan tujuan penelitian.
2. Konsisten, artinya terdapat kesesuaian di antara unsurunsurnya,
misalnya antara judul dengan tujuan, antara rumusan
masalah
dengan tujuan, antara rumusan masalah dengan
metodologi,
dan sebagainya.
3. Operasional, artinya dapat menjelaskan bagaimana penelitian
itu dilakukan, misalnya data yang diinginkan, cara pengamatan
terhadap objek penelitian, alat yang digunakan, dan penentuan
objek penelitian.
Selain ketiga syarat di atas, penelitian harus bermanfaat bagi
masyarakat maupun perkembangan ilmu pengetahuan, mempunyai
daya tarik, dan secara operasional memungkinkan untuk diteliti
kembali.
1. Judul penelitian
Judul penelitian sebagai nama, sekaligus identitas
penelitian yang dicantumkan dalam berbagai dokumen. Judul
penelitian harus ringkas, spesifik, dan jelas untuk memberi
gambaran  mengenai masalah yang diteliti.
Judul penelitian contohnya:
“Pengaruh pemberian pakan  pelet BR  terhadap pertambahan
berat ayam kampung umur 10 hingga 40 hari“2. Latar belakang masalah
Dalam membahas latar belakang masalah, peneliti harus
menunjukkan alasan memilih masalah topik atau judul. Dengan
demikian fungsi uraian tentang latar belakang masalah memberi
alasan mengapa masalah atau topik dipilih oleh peneliti. Banyak
masalah yang menjadi topik tapi hanya satu masalah saja yang
dipilih, mengapa masalah itu diusulkan untuk diteliti.
Misalnya:
Penelitian pengaruh pemberian pakan pelet BR terhadap
pertambahan berat ayam kampung umur 10 sampai 40 hari,
berlatar belakang sebagai berikut.
– Pentingnya produksi ayam kampung dikaitkan dengan
kebutuhan bahan pangan protein hewani.
– Pertambahan berat ayam pada umur tertentu sangat
berpengaruh terhadap produksi ayam kampung.
– Belum ada penelitian tentang pengaruh pakan pelet BR
terhadap pertambahan berat ayam kampung pada umur
tertentu.
3. Rumusan masalah
Rumusan masalah penelitian berupa pertanyaan-
pertanyaan yang memudahkan untuk merancang penelitian.
Rumusan masalah harus dijabarkan secara operasional dan
spesifik dari judul penelitian. Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam rumusan masalah, yaitu:
– masalah dirumuskan dengan kalimat sederhana dan dalam
bentuk pertanyaan;
– singkat, jelas, dan padat serta tidak menimbulkan kerancuan
pengertian.
Perumusan masalah, misalnya:
“Adakah pengaruh jumlah pakan pelet BR terhadap
pertambahan berat ayam kampung  umur  10 sampai 40 hari?”
4. Tujuan penelitian
Tujuan penelitian dimaksudkan sebagai jawaban atas
keingintahuan suatu masalah dalam penelitian. Perumusan
tujuan penelitian harus sejalan dengan rumusan masalah
penelitian. Tujuan penelitian dirumuskan dalam kalimat
pernyataan. Jadi tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat
yang menunjukkan keinginan peneliti untuk mencapai sesuatu
melalui penelitian.
Contoh:
Mengetahui pengaruh pemberian pakan pelet BR terhadap
pertambahan berat ayam kampung umur 10 sampai 40 hari5. Manfaat penelitian
Manfaat penelitian perlu dikemukakan agar diketahui
hasil yang hendak dicapai dari penelitian dan untuk siapa
penelitian itu digunakan.
Manfaat penelitian bisa bersifat praktis, misalnya mempermudah
pengambilan kebijaksanaan, dan dapat juga bersifat
teoritis,
misalnya memperkaya dan mengembangkan khasanah
ilmu
pengetahuan.
Manfaat penelitian misalnya:
– sebagai masukan bagi para peternak dalam meningkatkan
produksi ayam kampung
– sebagai masukan dalam pengembangan teknologi
peternakan
6. Proposal penelitian
Proposal penelitian meliputi: identifikasi variabel, latar
belakang masalah, manfaat penelitian, tinjauan pustaka,
hipotesis (jika ada), dan metode penelitian.
Contoh identifikasi variabel penelitian:
Identifikasi variabel pada penelitian tentang pengaruh pakan
pelet BR terhadap pertambahan berat tubuh ayam kampung
umur 10 – 40 hari.
Variabel manipulasi: Jumlah pakan pelet BR yang diberikan
Variabel respon: pertambahan berat tubuh ayam kampung.
Variabel kontrol: jenis ayam kampung, suhu udara, kelembapan,
intensitas cahaya, luas kandang.
7. Tinjauan pustaka
Tinjauan pustaka ini meliputi:
– Mempelajari hasil yang diperoleh dari setiap sumber yang
relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.
– Mempelajari metode penelitian yang telah digunakan,
termasuk metode pengambilan sampel, pengumpulan
data, sumber data, dan satuan ukuran data.
– Mengumpulkan data dari sumber lain yang berhubungan
dengan bidang penelitian yang akan dilakukan.
– Mempelajari analisis deduktif dan problema yang diteliti.
Analisis deduktif yang dimaksudkan adalah berpikir dari
hal yang abstrak ke hal yang konkret.
Di dalam tinjauan pustaka, uraian diharapkan dapat
menjelaskan (walaupun baru teoritik) masalah yang diteliti serta
hubungan antara variabel yang terkait. Contoh: Penelitian
tentang pengaruh pakan pelet BR terhadap pertambahan berat
ayam kampung umur 10 – 40 hari, tinjauan pustakanya,
sebagai berikut.
– Teori tentang pertumbuhan ayam kampung dan faktorfaktor
yang memengaruhinya.
– Pengetahuan kandungan zat gizi yang terdapat dalam pelet
BR.
– Hubungan zat gizi yang dikandung oleh pelet BR terhadap
pertambahan berat badan ayam kampung.
8. Hipotesis
Hipotesis merupakan suatu kemungkinan jawaban dari
masalah yang diajukan. Hipotesis dapat dikatakan sebagai
pendapat yang masih sederhana (sementara) karena belum
diuji kebenarannya.
Hipotesis berfungsi sebagai jawaban sementara untuk
masalah penelitian. Hipotesis dinyatakan dalam bentuk kalimat
pernyataan yang menghubungkan dua variabel atau lebih.
Berdasarkan isi dan rumusannya, hipotesis dibedakan menjadi
dua, berikut ini.
– Hipotesis alternatif atau Kerja atau Asli (Ha) adalah
dugaan yang menyatakan ada pengaruh.
– Hipotesis nol (Ho) adalah dugaan yang menyatakan tidak
ada pengaruh.
Perlu diketahui bahwa tidak semua penelitian harus
mempunyai hipotesis. Hipotesis diperlukan jika penelitian
mempersoalkan hubungan antarvariabel. Penelitian eksploratif
(penelitian yang bersifat menjelajah) dan penelitian deskriptif
(penelitian yang bersifat menggambarkan) tidak memerlukan
hipotesis karena tujuannya tidak menguji hipotesis akan tetapi
menjawab masalah penelitian.
Penelitian yang memerlukan hipotesis adalah penelitian
eksplanatif (penelitian yang bersifat mencari hubungan antar
variable).
Misalnya:
Terdapat pengaruh positif pemberian pakan pelet BR  terhadap
pertambahan berat tubuh ayam kampung umur 10 sampai 40
hari.
9. Metode penelitian
Metode penelitian menguraikan bagaimana cara
melakukan penelitian tersebut, mulai dari menentukan populasi
dan sampel, operasional variabel, prosedur pengumpulan data,
dan analisis data..a. Operasional variabel
Variabel adalah faktor yang berpengaruh, memiliki nilai
(ukuran) tertentu dan dapat berubah atau diubah. Oleh
karena itu variabel merupakan faktor peubah. Misalnya:
 variabel manipulasi/bebas, faktor ubah yang sengaja
dibuat berbeda-beda oleh pelaku peneliti.
Misalnya: jumlah pakan pelet BR yang diberikan.
 variabel respon/terikat faktor ubah yang terjadi sebagai
akibat proses yang sedang berjalan.
Misalnya: pertambahan berat ayam kampung
Definisi operasional:
Kecepatan pertambahan berat tubuh ayam kampung dalam
satuan gram.
b. Merancang penelitian, yaitu membuat rancangan yang
menggambarkan hubungan antara variabel bebas dengan
variabel terikat yang akan ditelitic. Menentukan populasi dan sampel
 Populasi, merupakan sekelompok objek penelitian yang
kesimpulannya akan digeneralisasikan.
Misalnya: populasi yang dimaksudkan dalam penelitian
ini adalah jenis ayam kampung.
 Sampel adalah sebagian anggota yang mewakili
populasi.
Misalnya: diambil sampel 50 ekor ayam kampung
d. Menentukan instrumen/alat dan bahan yang diperlukan
dalam melakukan penelitian (eksperimen). Instrumen yang
diperlukan antara lain:
Tempat untuk memelihara 50 ekor ayam kampung dibagi
5 kelompok masing-masing kelompok 10 ekor,  pakan pelet
BR, tempat air untuk minum, tempat pakan, timbangan,
kertas, alat tulis.e. Menyiapkan langkah-langkah penelitian atau cara kerja
dalam memperoleh data
– Tempatkan ayam kampung pada tempat yang
disediakan
– Kelompokkan sesuai dengan perlakuan pada rancangan
percobaan.
– Lakukan penimbangan berat masing-masing ayam
kampung setiap 5 hari.
– Catat hasilnya dan masukkan ke dalam tabel sampai
ayam berumur 40 hari.
– Lakukan analisis data.
f. Merancang analisis data
Analisis data merupakan cara mengolah data penelitian
untuk membuktikan berlaku tidaknya hipotesis yang
diajukan.
Contoh:
– Mencari nilai rata-rata berat ayam kampung pada tiap
perlakuan.
– Membandingkan antara hasil perlakuan yang satu
dengan perlakuan yang lain.
g. Menyusun jadwal penelitian. Memperkirakan lama waktu
dalam penelitian sampai dengan penulisan laporan
h. Mengumpulkan data dari hasil percobaan
Setelah alat dan bahan telah siap, dimulailah eksperimen/
percobaan seperti yang telah direncanakan. Pertumbuhan
berat tubuh ayam diukur/ditimbang setiap 5 atau 10 hari.
Kemudian buatlah tabel data pengamatan untuk setiap
kelompok percobaan, data yang diperoleh dicatat dalam
tabel, dengan demikian diperlukan 5 tabel pengamatan
pertumbuhan. Misalnya:
i. Mendeskripsikan data, menginterpretasi data,  dan menguji
hipotesis.
Maksud dari mendeskripsikan data adalah menyajikan data
dalam bentuk yang mudah dipahami oleh orang lain. Dalam
penyajian data, angka-angka yang ditampilkan sudah
merupakan hasil rata-rata hasil perlakuan, contoh tabel 3.
Jika pada data yang disajikan terjadi kenaikan berat tubuh
ayam kampung  sesuai dengan jumlah pertambahan pakan
pelet BR yang diberikan, (berdasarkan tabel 4), dapat
Jumlah
Ruang Lingkup Biologi
19
diinterpretasikan bahwa peningkatan pakan pelet BR dapat
meningkatkan pertambahan berat ayam kampung.
j. Menguji hipotesis
Hipotesis yang telah dirumuskan adalah “Terdapat pengaruh
positif pemberian pakan pelet BR terhadap pertambahan
berat tubuh ayam kampung “. Jika data-data yang
diperoleh mendukung hipotesis, hipotesis yang diungkap di
atas terbukti  benar.
k. Menyusun pembahasan hasil penelitian
Pembahasan hasil penelitian ialah membandingkan hasil
penelitian, teori, fakta, dan konsep-konsep yang ditulis dalam
tinjauan pustaka. Kemudian memberikan alasan-alasan
(argumentasi) untuk memperkuat hasil penelitian.
l. Kesimpulan dan saran
Kesimpulan dan saran ini didasarkan pada analisis data
dan pembahasan. Kesimpulan harus mengacu pada tujuan
penelitian, misal kesimpulan penelitian di atas adalah;
“Jumlah pemberian pakan pelet BR berpengaruh terhadap
pertambahan berat tubuh ayam kampung umur 10 sampai
40 hari”.
Dari kesimpulan dapat dirumuskan saran-saran, misalnya:
– Perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui
faktor-faktor lain yang memengaruhi penambahan berat
tubuh ayam kampung.
– Perlu dikaji ulang berapa jumlah penambahan pakan
pelet BR yang efektif untuk mempercepat pertambahan
berat tubuh ayam kampung.
m. Menyusun daftar pustaka
Daftar pustaka disusun secara berurutan berdasarkan
abjad. Contoh:
– Biologi, Campbell – Reece – Mitchell, Edisi kelima –
Jilid 3, Penerbit Erlangga, tahun 2004.
– Prosedur Penelitian, DR. Suharsini Arikunto, Penerbit
Rineka Cipta, tahun 1996.
– Zoologi, Prof. Drs. Radioputro, Penerbit Erlangga,
1983.
n. Menulis laporan penelitian
Sistematika penulisan laporan penelitian sebagai berikut.
BAB I PENDAHULUAN
Biologi SMA Jilid 1
20
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Kajian Hasil-Hasil Penelitian
C. Rumusan Hipotesis (apabila ada)
BAB III METODE PENELITIAN
A. Variabel dan Definisi Operasional Variabel
B. Rancangan Penelitian
C. Sasaran Penelitian (Populasi dan  Sampel)
D. Instrumen Alat dan Bahan
E. Prosedur Pelaksanaan Penelitian
F. Rencana Analisis Data
G. Jadwal Penelitian
BAB  IV DATA DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
B. Interpretasi Data
C. Uji Hipotesis
D. Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
itulah ruang lingkup biologi,jika ada yg ditanyakan atau adaa saran silakan komen
di kutip dari:bse biologi x,Subardi,Nuryani,Shidiq Pramono
jika ada yang protes dengan artikel ini,saya akan hapus,TERIMA KASIH

Share this:

Post a Comment

Ads Inside Post

 
Copyright © 2014 ZUTRIX. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates
//]]>